Lebih Dari Sekadar Kata
BPBD Kota Pekanbaru meninjau lokasi banjir pasca hujan deras di Kota Pekanbaru (Sumber Foto: Pekanbaru.go.id)

BPBD Gerak Cepat Tanggulangi Banjir di 9 Lokasi

Katakata.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bergerak cepat menanggulangi warga yang terdampak banjir pasca hujan deras di Kota Pekanbaru, Kamis (22/12/2022). BPBD Pekanbaru menyiapkan perahu karet dan tenda evakuasi bagi warga yang membutuhkan.

“Kita sudah turun lapangan, ke lokasi-lokasi yang terdampak banjir. Kedalaman banjir beragam, mulai dari 50 cm hingga 1,5 meter,” kata Kabid Darlog BPBD Kota Pekanbaru, Alan Kurnia.

Ia menjelaskan, ada sekitar 9 lokasi yang terdampak banjir pasca hujan tadi malam. BPBD Pekanbaru terus melakukan pemantauan guna mengantisipasi adanya bencana susulan.

Adapun lokasi yang terdampak banjir yakni, Jalan Pandan di Kecamatan Bukit Raya sudah surut, Perumahan di Jalan Cengkeh di Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya, Perumahan di Jalan Kesadaran, Kecamatan Bukit Raya, Perumahan Attaya di Jalan Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Jalan Akasia (pinggir sungai Batak), Jalan Dwikora, Kelurahan Suka Mulia, Kecamatan Sail, Jalan Thamrin, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sail, Jalan Hang Jebat, Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Sail, Jalan Bencah Besung, dekat SMPN 31 Kecamatan Tenayan Raya.

Sementara itu, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk mendata warga terdampak banjir.

Perintah itu disampaikan langsung oleh Pj Walikota ke Kalaksa BPBD Zarman Candra, menyikapi adanya pemukiman warga yang direndam banjir pasca hujan lebat yang mengguyur Pekanbaru sejak Rabu (21/12) malam hingga Kamis (22/12) dinihari.

Menyikapi hal itu, Kalaksa BPBD Zarman Candra menyatakan jika pihaknya telah menerjunkan tim guna mendata titik banjir dan warga yang terdampak banjir.

“Kita juga sudah menyampaikan ke seluruh camat agar membantu mendata di lapangan. Kemudian, kita juga akan berkoordinasi dengan Baznas untuk memberikan bantuan atau seperti apa nanti,” ujar dia.

Disampaikan Zarman, dari informasi BMKG, saat ini Kota Pekanbaru mulai memasuki musim hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Untuk itu, warga dihimbau waspada.

“Khususnya untuk yang berada di pinggiran sungai dan juga yang berada di daerah-daerah perbukitan seperti di Tenayan Raya itu,” ucap Zarman.

Seperti diketahui, saat ini Kota Pekanbaru memang tengah berstatus Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi. Status ini telah ditetapkan sejak 10 November lalu dan akan berlaku hingga 31 Januari 2023 mendatang.

Sumber: pekanbaru.go.id

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Rawan pencurian produksi, Polda Riau perkuat pengamanan di perkebunan PTPN V

rasid

Pulihkan Bumi, Hapuskan Investasi Kotor!, Walhi Riau Soroti 3 Isu Penting Yang Ada di Riau

rasid

Warga Pekanbaru Gugat Persoalan Pengelolaan Sampah

rasid