Lebih Dari Sekadar Kata
Direktur RSUD Arifin Achmad, Nuzelly Husnedi ( Foto : tangkapan layar Youtube Diskominfotik Riau)

Tes PCR di Lab Biomolekuler RS ​​Arifin Achmad gratis, Berikut penjelasan Direktur

KataKata.id – Masyarakat yang mengalami gejala demam, batuk, sakit tenggorokan atau bahkan kehilangan penciuman bisa melakukan tes PCR langsung di Laboratorium Biomolekuler RS ​​Arifin Achmad, Provinsi Riau.

Masyarakat cukup datang ke klinik atau Puskesmas untuk meminta rujukan dari dokter. Setelah itu, pasien membawa surat rujukan dokter ke lab biomol dan pasien langsung menjalani PCR.

“Kalau ada orang dengan gejala demam langsung datang ke poliklinik atau Puskesmas, kemudian direkomendasikan dokter untuk PCR, bisa langsung dirujuk ke tenaga biomolekuler RSUD Arifin Achmad,. Tapi harus ada rujukan dari dokter, baik klinik, maupun Puskesmas,” kata Direktur RSUD Arifin Achmad dr Nuzelly Husnedi, Jumat (8/10/2021).

Sebab, menurut Nuzelly yang terjadi saat ini, pasien yang diduga memiliki gejala Covid-19 tidak segera ditangani dengan PCR. Karena saya harus menunggu jadwal di Puskemas. Sehingga perlu waktu untuk menunggu pemeriksaan PCR. Hal ini tidak boleh lagi terjadi.

Nuzelly mengingatkan para dokter di Puskesmas dan Klinik untuk segera melakukan rujukan kepada pasien yang diduga terpapar Covid-19.

“Kalau sekarang untuk PCR di Puskesmas harus menunggu jadwal, kalau mau cepat ke rumah sakit, bayar di sana, itu salah kami, makanya ini kami sampaikan kepada masyarakat, agar mereka bisa cepat pemeriksaan PCR dengan datang langsung. ke lab biomolekuler RS ​​Arifin Achmad, cukup membawa rujukan dari dokter di klinik atau Puskemas, setelah dibawa ke lab akan langsung kita layani untuk PCR dan gratis,” ujarnya.

Nuzelly menegaskan, meski tren kasus Covid-19 di Riau saat ini menurun, namun penelusuran kepada orang-orang yang kontak dekat dan mengalami gejala suspek Covid-19 tidak boleh dikurangi.

“Ini upaya kita untuk mempercepat dan mengoptimalkan tracing, sehingga kita bisa cepat memeriksakan, tanpa harus antri di klinik atau puskesmas. Dokter bisa langsung merujuk pasien ke lab biomolekuler RSUD Arifin dan segera kita tangani, ” tutupnya.

Sumber : Mediacenterriau
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Mengidap kanker prosfat, SBY akan Berobat ke Luar Negeri

rasid

Update Covid-19 Per 14 Desember 2021, Riau Bertambah 8 Kasus Baru

rasid

RS Syafira Pekanbaru Serahkan Donasi Untuk Pembangunan Dumai Islamic Center

rasid