Lebih Dari Sekadar Kata
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan sambutan pada kegiatan kompas gramedia vaksinasi untuk pekerja media

Polri dukung program vaksinasi Covid-19 untuk pekerja media

KataKata.id – Bakti Kompas Gramedia (KG) untuk negeri diwujudkan dalam kolaborasi bersama Dewan Pers Indonesia melalui program ‘Berkolaborasi untuk Indonesia: Vaksinasi Covid-19 untuk 10.000 Pekerja Media’.

Program ini diselenggarakan dengan membuka sentra vaksinasi KG di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat mulai Senin, 28 Juni 2021, bertepatan dengan HUT ke-56 Harian Kompas. Target peserta harian adalah 500 orang.

Tepat pada 1 Juli 2021, dalam rangka turut merayakan HUT ke-75 Bhayangkara, seluruh vaksinator yang bertugas di Sentra Vaksinasi Kompas Gramedia adalah tenaga kesehatan dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Pusdokkes Polri).

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pun berkunjung meninjau sentra vaksinasi Kompas Gramedia pada Kamis siang (1/7/2021) disertai Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, Kapusdokkes Polri Brigjen Pol Rusdianto, dan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol. Hendro Pandowo.

Dalam konferensi pers usai tinjauan, Kapolri menyatakan Selama ini vaksinasi dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam hal ini dibantu oleh Dinkes juga TNI dan Polri. Ini akan menjadi lebih cepat kalau ada partisipasi-partisipasi dari mitra-mitra dari masyarakat.

“Seperti hari ini Kompas menyediakan tempat untuk kegiatan vaksinasi, vaksinatornya bisa diundang dari tempat lain, untuk vaksinnya sendiri bisa bekerja sama dengan Dinkes, dengan TNI, dengan Polri sehingga akselerasi untuk melakukan percepatan betul-betul bisa maksimal,” ujar Kapolri.

Apresiasi juga disampaikan oleh Kapolri kepada Kompas Gramedia atas kado spesial berupa kesempatan untuk bersama-sama melaksanakan vaksinasi di Hari Bhayangkara.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo menyatakan, ini adalah kerja bersama dari masyarakat pers bersama Kepolisian, Puskesmas dari Dinas Kesehatan DKI, dan Kompas memang menjadi fasilitator untuk kemudian menyelesaikan program 10.000 vaksin untuk pekerja media.

Budiman juga berharap kolaborasi antara unsur TNI, Polri, masyarakat media, dan masyarakat umum bisa bersama-sama mencapai target vaksinasi seperti yang diinginkan Presiden RI Joko Widodo untuk mencapai herd immunity, sehingga kemudian bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa pemenang melawan Covid-19. Kegiatan di Hari Bhayangkara ini merupakan kado spesial dari masyarakat media untuk kepolisian.

“Hingga Kamis siang pukul satu tercatat sudah ada 2.880 orang yang divaksin,” demikian disampaikan Budiman.

Turut hadir meninjau Sentra Vaksinasi Kompas Gramedia pada Hari Bhayangkara ini, Agung Dharmajaya dari Dewan Pers Indonesia, Ketua Umum Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Yadi Hendriana, dan Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang dr Sari Ulfa Nardia.

Di hadapan awak media, Agung Dharmajaya mewakili Dewan Pers mengapresiasi dukungan Polri sehingga tenaga kesehatan yang melayani vaksinasi hari itu tercukupi dan bisa melayani tak hanya masyarakat media tetapi juga masyarakat sekitar. “Mudah-mudahan target kegiatan di bulan Agustus dua juta, ini menjadi bagian yang ikut tercatat (yaitu) keterlibatan teman – teman media,” ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menyebut kenaikan kasus pascamomen libur Lebaran ini, selain karena adanya mobilitas yang tinggi dan longgarnya protokol kesehatan, juga dikarenakan oleh varian baru yang lebih cepat menular, tetapi cara menurunkan laju penularannya tetap sama, dengan tidak lelah, tidak bosan, dan tidak abai protokol kesehatan 3M termasuk mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan. Fokus pemerintah saat ini adalah menekan di hulu dengan mencegah orang sehat tidak menjadi sakit, supaya di hilir di sisi penanganan kesehatan bebannya bisa berkurang.

Corporate Communication Director KG Glory Oyong mengatakan, Sentra Vaksinasi KG di Bentara Budaya Jakarta menghadirkan pengalaman vaksinasi yang unik. Lukisan koleksi Bentara Budaya yang digantung di sekeliling ruang vaksinasi dan alunan musik etnik bisa membantu mengurangi ketegangan. Suasana galeri seni yang nyaman membuat peserta dapat mengantre dan menjalani vaksinasi dengan rileks.

Protokol kesehatan sudah pasti dijalankan secara ketat dengan pembatasan kapasitas ruangan dan jarak fisik, penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, serta pengecekan suhu sebelum memasuki venue.

Sentra vaksinasi KG hadir berlandaskan semangat kemanusiaan untuk mengajak semua pihak bergerak bersama #BerkolaborasiuntukIndonesia bebas pandemi dengan mendukung upaya pemerintah dalam memutus rantai penularan Covid-19 melalui percepatan vaksinasi. inilah sumbangsih KG di tengah pandemi untuk negeri.**

 

Sumber: Rilis | Editor: A.A. Rahman

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Kepada Pihak Pengelola Travel Umrah, Diskes Riau Ingatkan soal vaksinasi

rasid

Sebanyak 55 orang pasien covid isolasi di Asrama Haji Riau

rasid

Hut ke-6 Kelurahan Pematang Kapau, Dr Meiza Gelar Penyuluhan Kesehatan

rasid