Lebih Dari Sekadar Kata
Polda Riau gelar vaksinasi massal di beberapa titik lokasi di Pekanbaru (Foto : Dok. Humas Polda Riau)

Percepatan vaksinasi terus digesa, termasuk di Riau

KataKata.id – Polda Riau mengoptimalkan pemberian vaksin kepada masyarakat. Salah satu upayanya yakni dengan vaksinasi massal. pada Selasa (7/9/2021) digelar serentak vaksinasi di empat lokasi, yakni tiga diantaranya di Kota Pekanbaru dan satu lagi di Kabupaten Kuansing dengan total 5150 dosis vaksin disediakan dan melibatkan 210 tenaga vaksinator baik dari Polri, TNI dan Dinas Kesehatan.

Upaya percepatan ini dilakukan agar vaksin yang disalurkan dari pusat bisa segera dihabiskan atau disalurkan kepada masyarakat.

Vaksin yang dilangsungkan hari ini, diantaranya di Masjid Raya Agung Annur di Kota Pekanbaru tersedia 2.000 dosis. warga pun sudah antre dengan tertib sejak pagi. Proses vaksinasi di sana ditinjau langsung Gubernur Syamsuar, Kapolda Irjen Agung Setya Imam Effendi, Danrem 031 Wirabima Brigjen M Syeich Ismed, Kajati Riau, DPRD Kota dan Provinsi serta Walikota Pekanbaru dan Kapolresta.

Disela – sela vaksinasi serentak ini, dilaksanakan video conference bersama Presiden RI Joko Widodo.

Presiden meminta agar setiap daerah melakukan percepatan pemberian vaksin kepada masyarakat dan segera berkoordinasi kepada kementerian kesehatan, bila kekurangan distribusi vaksin. Seluruh daerah juga digesa agar memenuhi target vaksin 75 persen dari jumlah warga yang ada.

Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi menguraikan, dari 6.394.087 jumlah penduduk Provinsi Riau, yang menjadi target vaksinasi sebanyak 4.478.860 orang.

“Adapun sampai saat ini yang sudah diberikan vaksin sebanyak 1.886.969 orang atau telah mencapai 42 persen dari total jumlah masyarakat. ini terus kita optimalkan agar pencapaian target bisa dipercepat,” urai Agung.

Dengan demikian, maka terbentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity) sehingga angka penyebaran Covid-19 bisa ditekan. Selain itu, patokan lainnya adalah angka positivity rate perbandingan antara jumlah kasus positif Covid-19 dengan jumlah tes yang dilakukan.

“Kita lihat tren positif Covid-19 di Provinsi Riau dengan positivity terus menurun dari 31 persen di awal Agustus dan menurun sampai awal September menjadi 6 persen,” optimisnya.

Dikatakan Irjen Agung, kegiatan vaksinasi akan terus dimaksimalkan pelaksanaannya. capaian target harian yaitu sebanyak 19.000 dosis setiap harinya yang akan dilakukan oleh Polda Riau dan jajaran. Bahkan di gedung vaksinasi center milik Polda Riau, bisa melayani 3.000 orang yang ingin divaksin setiap harinya.

“Selain cara itu, juga dilakukan vaksin dengan sistem antar jemput bagi kalangan lanjut usia (Lansia), vaksin door to door serta kegiatan vaksinasi kolaborasi dengan paguyuban, Ormas dan universitas serta mendorong pelaksanaan vaksinasi gotong royong di perusahaan. vaksinasi juga dilakukan hingga ke lapisan masyarakat pedalaman yang tersebar disejumlah kabupaten di Riau seperti suku Talang Mamak, suku Sakai dan suku Bonai,” jelasnya.

Pada vaksinasi serentak hari ini, ada 5150 dosis disediakan dengan rincian distribusi 2000 vaksin di Masjid Raya Annur, di Gereja GBI Rayon 11 sebanyak 2000 dosis, di Ponpes Al Mujtahadah Pekanbaru sebanyak 650 dosis, serta di Ponpes KH Ahmad Dahlan Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 500 dosis.

 

Sumber : Rilis

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Gas Poll Vaksinasi Polres Pelalawan, Tim Layani Pengunjung di Taman Kreatif

rasid

Kapolda Riau serahkan 30 oksigen konsentrator kepada Dokkes untuk pasien isoter

rasid

Update Covid-19 Riau : bertambah 15 kasus dan 1 pasien dinyatakan meninggal dunia

rasid