Lebih Dari Sekadar Kata
Pemaparan evaluasi PPKM oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto ( Foto : tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden )

Pemerintah siapkan tempat isolasi terpusat hingga PPKM luar Jawa Bali diperpanjang

KataKata.id – Pemerintah akan mempersiapkan tempat isolasi terpusat di luar Jawa Bali karena mempertimbangkan jumlah kasus Covid-19 yang ada.

“Dari hasil evaluasi pemerintah melihat bahwa 45 kabupaten atau kota ini masih perlu ditindaklanjuti dan pemerintah juga mempersiapkan isolasi terpusat di luar Jawa dengan mempertimbangkan kasus yang ada. pemerintah akan menggunakan fasilitas kapal pelni yang telah disiapkan kementerian perhubungan bekerja sama dengan BNPB, Kementerian Kesehatan dan pemerintah daerah, “kata Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto pada konferensi pers melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (9/8/2021) malam.

“Untuk awal akan dipersiapkan di 4 kota yakni Medan, Belitung, Sorong dan Bandar Lampung, “ungkapnya.

“Kemudian fasilitas di gedung juga dipersiapkan oleh Kementerian PUPR bersama BNPB antara lain menggunakan Wisma Atlit, Asrama Haji, Balai Diklat, Rusun dan ini telah diidentifikasi di beberapa daerah termasuk di Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Riau,” terang Airlangga.

“Pembiayaan isolasi terpusat itu kerjasama antara Pemda, Kemenkes dan BNPB dan yang sudah Conform itu Belitung dan Bandar Lampung,” ujarnya.

Masa PPKM luar Jawa Bali diperpanjang

Pemerintah memutuskan memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, dan 2 di sejumlah wilayah di luar Pulau Jawa dan Bali.

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, khusus di luar jawa bali akan dilakukan perpanjangan selama dua minggu yaitu tanggal 10 Agustus sampai dengan 23 Agustus 2021 karena memang berbeda dengan pulau jawa karena sudah menurun. maka yang di luar Jawa ini karena nature kepulauan dan wilayahnya luas maka akan diperpanjang selama dua minggu,” kata Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

“Ada 45 kabupaten atau kota di luar Jawa Bali yang menerapkan PPKM level 4. PPKM level 3 itu di 302 Kabupaten atau kota dan PPKM level 2 itu di 39 kabupaten atau kota di luar Jawa Bali,” tutupnya.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Pemerintah Putuskan Vaksin Booster Gratis Untuk Masyarakat

rasid

Vaksin Covid-19 menyebabkan badai sitokin, ketua satgas IDI angkat bicara

rasid

Kasus Omicron di Indonesia Bertambah Jadi 68 orang

rasid