Lebih Dari Sekadar Kata
Presiden Joko Widodo (Foto: tangkapan layar tayangan Youtube sekretariat presiden)

Pemerintah resmi perpanjang PPKM hingga 30 Agustus

Katakata.id – Pemerintah menyampaikan perkembangan terkini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Senin (23/8/2021) di istana merdeka, Jakarta.

“Pemerintah memutuskan mulai tanggal 24 Agustus hingga 30 Agustus 2021, beberapa daerah bisa diturunkan levelnya dari Level 4 ke Level 3,” kata Presiden Joko Widodo dalam keterangan persnya yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (23/8/2021).

“Untuk Pulau Jawa dan Bali, wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya dan beberapa wilayah kota/kabupaten lainnya sudah bisa berada pada Level 3 mulai tanggal 24 Agustus 2021,” terang Jokowi.

“Untuk Pulau Jawa Bali ada perkembangan yang cukup baik. Level 4 dari 67 kabupaten kota berkurang menjadi 51 kabupaten kota; Level 3 dari 59 kabupaten kota menjadi 67 kabupaten kota; dan Level 2 dari dua kabupaten kota menjadi sepuluh kabupaten kota,” ungkapnya.

“Untuk luar Jawa Bali juga ada perkembangan yang membaik tetapi tetap harus waspada. Level 4 dari sebelas provinsi menjadi tujuh provinsi, Level 4 dari 132 kabupaten kota menjadi 104 kabupaten kota; Level 3 dari 215 kabupaten kota menjadi 234 kabupaten kota; Level 2 dari 39 kabupaten kota menjadi 48 kabupaten kota,” paparnya.

Pemerintah juga akan melakukan penyesuaian secara bertahap atas beberapa pembatasan kegiatan masyarakat, antara lain:

  • Tempat ibadah diperbolehkan dibuka untuk kegiatan ibadah maksimal 25 persen kapasitas atau maksimal 30 orang.
  • Restoran diperbolehkan melayani makan di tempat dengan maksimal 25 persen kapasitas, dua orang per meja, dan pembatasan jam operasional hingga pukul 20.00.WIB.
  • Pusat perbelanjaan atau mal diperbolehkan buka sampai dengan pukul 20.00 WIB dengan maksimal 50 persen kapasitas, dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat yang diatur lebih lanjut oleh pemerintah daerah.
  • Industri berorientasi ekspor dan penunjangnya dapat beroperasi 100 persen, namun apabila menjadi klaster baru COVID-19 maka akan ditutup selama lima hari.

“Penyesuaian atas beberapa pembatasan kegiatan masyarakat ini dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk,” tutup Jokowi.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Bupati Kepulauan Meranti Ngadu ke Wakil Menteri BPN/ATR Soal Sertifikasi Tanah

abbas

Pusat Tunjuk Muflihun Pj Walikota Pekanbaru dan Kamsol Pj Bupati Kampar

rasid

Kunjungi Kampung Patin, Sandiaga: Inspirasi untuk kebangkitan ekonomi lokal

rasid