Lebih Dari Sekadar Kata
Ilustrasi Covid-19 ( foto : Internet )

Pakar Epidemiologi UI tanggapi pernyataan LBP terkait prediksi Covid-19 di Indonesia

KataKata.id – Menteri Maritim dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) menyatakan Pemerintah memprediksi Covid-19 di Indonesia bisa membaik dalam lima hari mendatang. hal itu bisa dicapai jika semua poin penanganan Covid-19 berjalan maksimal.

Penyataan Luhut tersebut ditanggapi oleh Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono. Pandu justru mengatakan itu sulit terjadi.

“Yakinkah? Sulit itu akan terjadi. Realita yang ada penularan terus meningkat, RS kolaps, orang yang seharusnya dirawat di RS, terkapar di rumah dengan bantuan tabung oksigen pinjaman,” cuit @drpriono1 melalui akun twitter miliknya, Rabu (14/7/2021).

“Banyak yang mati. bukan obat yang dibutuhkan tetapi perawatan yang dibutuhkan,” sambungnya.

“Jangan distribusi obat pada Orang Tanpa Gejala (OTG), ” tutup Pandu yang juga merupakan Dosen Statistik Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Kasus Covid-19 di Riau melonjak tajam

Informasi per hari Rabu (14/7/2021) di Provinsi Riau terdapat penambahan 978 kasus terkonfirmasi Covid-19. terdapat penambahan 471 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. kabar duka, terdapat penambahan 16 pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19.

Data Dinas Kesehatan Riau menyebutkan, total terkonfirmasi di Riau hingga saat ini berjumlah 78.392 kasus dengan rincian isolasi mandiri 5.219 orang, rawat di Rumah Sakit 931 orang, sembuh 70.143 orang dan 2.099 meninggal dunia.

 

Reporter: Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Asosiasi Apoteker Menyayangkan Seluruh Jenis Obat Sirup Ditarik

rasid

DTO Kemenkes membuka lowongan kerja, berikut posisi yang dibutuhkan

rasid

BPJS Cabang Pekanbaru Bersama IZI Riau Serahkan Bantuan Untuk Penyandang Disabilitas

rasid