Lebih Dari Sekadar Kata

Ini Strategi Pemerintah Provinsi Riau dalam upaya mengendalikan penyebaran Covid-19

KataKata.id – Satuan tugas penanganan Covid-19 Riau terus berupaya melakukan strategi untuk mencegah penularan covid-19. Rencananya akan ada beberapa tempat yang akan digunakan sebagai tempat tidur dan isolasi bagi masyarakat yang terpapar Covid-19.

“Langkah yang juga sudah diambil dari Riau adalah asrama Haji di lantai satu terutama itu akan direkayasa untuk menjadi rumah sakit darurat dengan kapasitas harapannya bisa mencapai 50 hingga 100 tempat tidur,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi melalui pernyataan persnya, Selasa (27/7/2021) kemarin.

Indra Yovi menjelaskan,  kalau kita bicara rumah sakit darurat berarti ada standar yang harus dilakukan, ketersediaan oksigen, tenaga keperawatan, tiang infus, obat – obatan dan lain sebagainya sedang dalam persiapan yang cepat dari Riau terutama teman – teman Dinas PU dan Dinas Kesehatan Riau dibantu oleh tim rekayasa yang diketuai oleh Dokter Mardiansyah.

“Kedua, juga ada strategi – strategi tambahan seandainya tidak terjadi penurunan yang signifikan dan peningkatan Bor yang luar biasa. Riau juga memikirkan untuk membuat suatu tempat yang diistilahkan dengan rumah oksigen,” jelasnya.

“Tempat belum bisa kita pastikan saat ini. ada beberapa tempat yang juga sudah jadi prioritas. tapi hari ini kita belum bisa memastikan di mana posisinya. ini bekerjasama dengan relawan – relawan yang berada di Riau yang senantiasa membantu penanganan Covid-19 termasuk nanti ketersediaan oksigen itu akan dibantu oleh beberapa perusahaan besar seperti Indah Kiat, Aneka Gas, Asiana Gas,” terang Yovi.

Pasokan distribusi Vaksin untuk Pemerintah Provinsi Riau masih mengalami kendala.

“Kita tetap bersabar karena masalahnya pasokan distribusi vaksin dari pusat itu mungkin mengalami kendala. InsyaAllah dalam beberapa hari ke depan mungkin akan ada pasokan – pasokan vaksin baru yang akan dikirimkan ke Riau,” tutup Yovi.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Inovasi Percepatan Laju Vaksinasi Covid-19 di Riau Diapresiasi Kapolda Riau

rasid

Indonesia Temukan Pasien Pertama Varian Omicron, Begini Penjelasan Menkes

rasid

Kemenhub Terbitkan SE 21 Tahun 2022, Masrul Kasmy: Aktivitas Penumpang Tetap Diawasi

rasid