Lebih Dari Sekadar Kata
Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Jarwansyah.[Foto : Dok. Mediacenterriau]

BNPB: Riau termasuk daerah yang capaian vaksinasinya rendah

Katakata.id – Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Jarwansyah mengatakan, hingga saat ini belum terjadi lonjakan kasus gelombang tiga di Indonesia Sehingga ia meminta masyarakat untuk tidak perlu takut dan berlebihan terkait informasi tersebut.

“Sampai saat ini belum ada terjadi di Indonesia, yang ada itu antisipasi jangan sampai terjadi gelombang tiga yang terus digiatkan pemerintah,” kata Jarwansyah ketika kunjungan kerja di Pekanbaru, Riau, Selasa, (16/11/2021) kemarin.

Selain itu Dia juga menyinggung masih adanya daerah yang memberlakukan PPKM dan rendahnya capaian vaksinasi di daerah.

“Sesuai dengan perkembangan Covid-19 saat ini, memang masih banyak daerah dan wilayah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun, sebagian besar PPKM tersebut, terkait pada pemerataan vaksinasi. Untuk itu pemerintah pusat terus minta daerah menggesa penyelenggaraan vaksinasi sesuai target yang telah di tetapkan sebelumnya,” jelasnya.

“Sampai saat ini masih banyak daerah yang capaian vaksinasinya masih rendah, termasuk di Riau. Sementara vaksinasi ini juga salah satu faktor penilaian untuk PPKM,” tambah Jarwansyah.

Kendati demikian ditegaskannya, meski tidak ada daerah di Indonesia yang mengalami lonjakan kasus gelombang tiga. Ia tetap mengingatkan pada masyarakat juga tidak terlalu euforia, tapi tetap waspada dan disiplin menjaga protokol kesehatan.

“Intinya, bukan berarti gelombang tiga itu tidak bisa terjadi, karena Covid-19 belum berakhir. Namun, kuncinya juga ada pada kita jangan sampai lengah,” ujarnya.

“Untuk pemerataan vaksinasi ini, pemerintah pusat juga terus memaksimalkan persediaan dan terus mendistribusikan pada daerah. Kita harap, ini juga bisa mendukung percepatan capaian vaksinasi di daerah, seperti di Riau saat ini, yang terus menggesa vaksinasi pada masyarakat,” tutup Jarwansyah.

Sumber : MC Riau
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Aktivis yang tergabung dalam PMKI bikin Posko Penyelewengan Dana Covid-19

rasid

Kunjungi Kampar, Kapolri Apresiasi Pelaksanaan Vaksinasi di Riau

rasid

Menteri Syahrul: PMK Tersebar di 15 Provinsi dan 52 Kabupaten/Kota

rasid