Lebih Dari Sekadar Kata
Presiden KBIP Unri, Rahmat Gusra. [Foto : istimewa]

Viral !!! Mahasiswi Jadi korban pelecehan seksual, Presiden KBIP : jika benar, sungguh Miris

KataKata.id – Seorang mahasiswi jurusan Hubungan Internasional Universitas Riau mengaku menjadi korban pelecehan seksual dosennya berinisial SH saat melakukan bimbingan proposal skripsi.

Menyikapi hal itu Presiden KBIP Unri Rahmat Gusra buka suara. Dia menyebut hal tersebut sungguh sangat miris jika memang betul – betul terbukti terjadi pelecehan seksual terhadap mahasiswi HI tersebut.

“Kampus itu adalah candradimuka sebuah peradaban. Dunia peradaban itu tercoreng akibat ulah oknum yang seperti itu jika memang terbukti melakukan hal pelecehan seksual,” kata Rahmat kepada wartawan, Jumat (5/11/2021).

Menurut Rahmat, dalam perspektif korban pelecehan. mahasiswi yang membuat pengakuan tersebut perlu pendampingan pihak – pihak terkait yang konsentrasi menangani isu – isu pelecehan seksual ini.

“Semua pihak – pihat terkait harus mengawal kasus ini sampai tuntas,” katanya.

Dikatakan Rahmat, Jika seandainya memang betul – betul terjadi dan benar adanya tindakan pelecehan seksual seperti ini tidak bisa ditolerir.

Kampus menurut Dia, tempat melahirkan orang – orang berkualitas ketika nanti sudah tamat untuk mengisi jabatan penting di pemerintahan. Apalagi kampus ini adalah kampus Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

“Sangat disayangkan perilaku seperti ini terjadi dalam dunia kampus,” ujar Rahmat.

“Korban harus mendapatkan pendampingan dari pihak – pihak terkait untuk mengawal kasus pelecehan ini. Diharapkan jangan ada intimidasi terhadap korban,” ungkapnya.

“Intinya kawal tuntas kasus ini,” tutup Rahmat.

Sebelumnya, Mendikbudristek Nadiem Makarim menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 30 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi yang berlaku mulai 3 September.

Aturan itu memuat ketentuan pemecatan bagi mahasiswa dan dosen atau pejabat kampus yang terindikasi melakukan kekerasan seksual.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Usai Jalani Klarifikasi di Gedung KPK, Sekda Riau SF Hariyanto Bungkam

rasid

Empat Srikandi Bhayangkara Berprestasi Terima Penghargaan

rasid

Polda Riau bongkar praktik perdagangan hewan Ilegal

rasid