Lebih Dari Sekadar Kata
Ketua KPK RI, Firli Bahuri. ( Foto: tangkapan layar youtube KPK RI )

Soal hasil pemeriksaan Ombudsman, ini respons Ketua KPK

KataKata.id – Hasil pemeriksaan Ombudsman RI terkait penyimpangan prosedur yang dilakukan pimpinan KPK mendapat respons dari Ketua KPK RI Firli Bahuri.

KPK sudah mempelajari hasil pemeriksaan Ombudman itu.

“Khusus yang ini KPK sudah mempelajari. atas laporan hasil pemeriksaan Ombudsman Republik Indonesia. KPK akan ambil sikap dan nanti akan disampaikan kepada publik bagaimana sikap KPK terkait laporan hasil itu termasuk KPK akan memberi jawaban terhadap Ombudsman Republik Indonesia,” kata Ketua KPK, Firli Bahuri saat konferensi pers KPK melalui channel youtube resmi KPK, Senin (2/8/2021).

“tetapi satu poin yang harus kita pahami bahwa berdasarkan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 disebutkan bahwa negara ini adalah negara hukum maknanya adalah hukum itu panglima. hukum itu yang paling ditekankan,” terangnya.

Firli menjelaskan, seketika suatu persoalan sudah masuk ranah hukum maka tentu ada indepedensi hukum. kewenangan lain harus tunduk pada hukum. karena itu KPK mengambil sikap menghormati hukum. kita tahu hari ini ada pemeriksaan di MK atas gugatan beberapa pihak. ada juga gugatan hak uji materiil yang diajukan ke mahkamah agung.

“Kekuasaan kehakiman itu bebas merdeka. kita meletakkan segala sesuatunya hukum itu merupakan yang tertinggi,” jelasnya.

“Jadi kita harus sampaikan ini. sikap kita adalah menegak hormati sistem sistem kita yang mengedepankan hukum,” tutupnya.

 

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Eks Komisaris Wijaya Karya dan Sekretaris MA Diduga Terima Suap Rp 11,2 Miliar

rasid

Berkas Perkara Ferdy Sambo dan Tiga Tersangka Pembunuhan Brigadir J Dikembalikan

rasid

Tiga Juru Parkir di Pekanbaru Diangkut Dishub Pekanbaru, Ternyata Ini Penyebabnya

rasid