Lebih Dari Sekadar Kata
Saat Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan keterangan pers. (Tangkapan layar Youtube KPK)

Sejak 2004 Hingga Saat ini, KPK Telah Menahan 1.479 Tersangka

Katakata.id – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebutkan, KPK telah menahan 1.479 tersangka sejak 2004. Dari 1.479 itu, sebanyak 319 di antaranya wakil rakyat, baik DPR maupun DPRD.

“Sejak KPK berdiri sudah ada, sudah tertangkap, sudah ditahan, dan sudah diadili sebanyak 1.479 tersangka,” ujar Firli Bahuri dalam acara Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Firli Bahuri lalu menjelaskan lebih lanjut soal profesi para tersangka. Mereka terdiri dari kepolisian empat orang, duta besar empat orang, korporasi delapan orang, komisioner delapan orang, jaksa 11 orang, pengacara 16 orang, gubernur 23 orang, serta hakim 29 orang.

Selanjutnya ada kepala lembaga atau kementerian mencapai 35 orang, kepala daerah berikut wakilnya 163 orang, aparatur sipil negara (ASN) eselon I sampai IV 304 orang, DPR serta DPRD 319 orang, swasta 370, dan lain-lain sebanyak 185 orang.

Firli Bahuri menerangkan, KPK telah berupaya memberikan efek jera terhadap para koruptor. Upaya itu diwujudkan melalui hukuman badan sampai merampas harta para koruptor.

“Karena pendekatan yang KPK lakukan disamping penghukuman badan juga diterapkan hukuman denda dan uang pengganti. Termasuk juga penerapan tindak pidana pencucian uang,” tutur Firli.

Hanya saja, hingga kini tindak pidana korupsi masih saja marak terjadi. Firli menyebutkan, pada 2022 saja KPK sudah menahan total 115 tersangka kasus korupsi.

Diakui Firli Bahuri, upaya pemberantasan korupsi memerlukan kerja sama berbagai pihak. Untuk itu, dia menyampaikan permintaan ke semua elemen bangsa agar turut andil dalam upaya mencegah munculnya praktik korupsi.

“Oleh karena itu dalam konsep pemberantasan korupsi, KPK mengajak keterlibatan besar dari seluruh aparat dan anak bangsa, melalui keterlibatan yang kita sebut public participation,” ungkapnya.

Editor: Rasid Ahmad II Sumber: BeritaSatu.com

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Berkunjung ke Riau, ini arahan ketua Satgas Covid-19 Nasional untuk Riau

rasid

Ekspor CPO Dibuka Pemerintah, Kapolda Riau Beri Peringatan Keras Kepada Mafia

rasid

Dirlantas Minta Satgas Optimalkan Wujudkan Budaya Tertib Berkeselamatan

rasid