Lebih Dari Sekadar Kata
Penyegelan Ruang Kerja Dekan Fisip Unri oleh pihak kepolisian. [Foto : istimewa]

Polda Riau Tetapkan SH Tersangka, Berikut Respons LBH Pekanbaru

KataKata.id – Penyidik Polda Riau telah menetapkan Dosen yang juga Dekan Fisip Universitas Riau, Syafri Harto, sebagai tersangka dalam kasus dugaan pelecehan seksual terhadap mahasiswi bimbingan skripsinya berinisial L.

Kepastian mengenai penetapan tersangka ini setelah melalui proses penyelidikan, pemeriksaan keterangan saksi – saksi dan barang bukti yang sudah diamankan.

“Setelah melalui proses gelar perkara, telah ditetapkan status tersangka terhadap saudara SH dalam kasus Tindak Pidana Dugaan Perbuatan Cabul,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Riau, Kombes Pol Sunarto dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Penyidik, terang Sunarto, meningkatkan statusnya ke penyidikan, selanjutnya dilakukan penyidikan.

Tak hanya itu, penyidik telah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kepada Jaksa Penuntut Umum.

“Penyidik akan segera melakukan pemanggilan terhadap SH untuk diperiksa sebagai tersangka,” jelas pria yang akrab disapa Narto ini.

Sebelumnya untuk diketahui, Korban yang merupakan mahasiswi inisial L ini telah melaporkan kejadian dugaan pelecehan seksual yang dialaminya ke Polresta Pekanbaru.

Dalam perkembangannya, kasus ini diambil alih penanganannya oleh Kepolisian Daerah Riau.

Selain itu, Penyidik dari Dirreskrimum Polda Riau, beberapa waktu lalu juga sudah menyegel ruang kerja Dekan Fisip Unri, Syafri Harto.

Tanggapan LBH Pekanbaru

Noval Setiawan dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pekanbaru yang menjadi pengacara mendampingi korban dugaan pelecehan seksual mahasiswi Unri mengatakan kita respons baik penetapan tersangka SH atas dugaan pelecehan seksual ini.

“Kita respons baik penetapan tersangka oleh Polda hari ini, selanjutnya kita minta tersangka untuk segera di tahan,” kata Noval saat dikonfirmasi katakata, Kamis (18/11/2021).

Dikatakan Noval, Karena tersangka saat ini masih berstatus aktif sebagai dosen, kekhawatiran kita tersangka akan menghilangkan barang bukti dan juga mengulangi perbuatannya.

LBH menghimbau kepada mahasiswa dan lapisan masyarakat agar mengawal kasus ini.

“Kita juga menghimbau kepada mahasiswa dan lapisan masyarakat untuk mengawal kasus ini hingga tuntas,” tutup Noval.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Menko Polhukam Mahfud MD Minta Polisi Usut Kabar Hoaks Tentang Dirinya

rasid

Insiden Tewasnya Bocah Asal Lampung di Hotel Grand Central Pekanbaru, 8 Saksi Diperiksa Polisi

rasid

Polda Riau Ringkus 3 Tersangka, 61 Kg Sabu Diamankan

rasid