Lebih Dari Sekadar Kata
Oknum Kades tersangka Dugaan Korupsi saat dibawa ke mobil tahanan. [Foto : istimewa]

Oknum Kades di Riau Ditahan Atas Dugaan Korupsi Dana Desa

KataKata.id – Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu (Inhu) tahan kepala desa Air Putih, kecamatan Lubuk Batu Jaya Tursiwan, sebagai tersangka atas dugaan korupsi anggaran dana desa tahun 2019.

Kepala Kejaksaan Negeri Inhu, Furqon Syah Lubis melakukan penahanan terhadap oknum kades tersebut, usai diyakini melakukan tindak pidana korupsi dan merugikan negara sebesar Rp410.453.730.

“Sebelum ditahan, tentu melalui proses penetapan tersangka pada 2 September 2021 lalu. Dan 20 hari kedepan tersangka dititipkan ditahanan Polsek Rengat Barat,” katanya kepada wartawan, Jumat (22/10/2021) siang.

Untuk mengetahui kerugian negara atas aksi oknum Kades itu korupsi, penyidik Kejari Inhu melibatkan tenaga ahli fisik dan Inspektorat Kabupaten Indragiri Hulu untuk menghitung kerugian Daerah. Penyidik juga menyita aset tersangka, yakni, satu unit Mobil Mobilio hitam dan satu Unit Sepeda motor.

Furqon menjelaskan, Tursiwan tersandung pada pekerjaan pembuatan turap penyangga, pembuatan badan jalan dan pembuatan saluran parit serta pembangunan jembatan.

“Pekerjaan itu bersumber dari APBDesa Air Putih Tahun 2019. Pagu anggaran pekerjaan Rp1.632.380.249. Dari pagu anggaran diperuntukan dalam pekerjaan fisik turap penyangga, pembuatan badan jalan, jembatan beton dan saluran parit. Namun turap penyangga itu kini sudah roboh,” jelasnya.

Masih kata dia, dari empat kegiatan itu ditemukan pertanggungjawaban dana yang tidak sesuai dengan realisasinya. Disamping itu ada kegiatan BUMDes dan pembayaran honor guru PAUD dan TK yang dilaksanakan secara fiktif.

Bahkan dalam pengerjaan empat kegiatan tersebut, Tursiwan yang diyakini maling uang rakyat tidak melibatkan tim pelaksana kegiatan (TPK).

“Tersangka ditahan selama 20 hari ke depan sejak hari ini. Selama tahapan penyidikan, tersangka mengembalikan kerugian negara sekitar Rp17 juta. Dalam waktu dekat JPU akan melimpahkan perkara ini ke PN Tipikor Pekanbaru untuk disidangkan,” tutup Furqon.

Reporter : Rasid Ahmad
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Seragam Satpam Berubah Warna, Netizen Sebut Mirip Polisi India

rasid

Oknum Satpol PP di Pelalawan Ketahuan Pakai Ekstasi, Setelah Cekcok Dengan Polisi

rasid

Ormas Dengan Debt Collector Bentrok, Polisi Lepaskan Tembakan ke Udara

rasid