Lebih Dari Sekadar Kata
LBH Yogyakarta gelar jumpa pers atas peristiwa pelemparan bom molotov yang menimpa kantornya [Foto : tangkapan layar IG/@lbhyogyakarta)

LBH di Yogyakarta Dilempari Bom Molotov

KataKata.id – Aksi teror kembali terjadi di Yogyakarta, Sabtu (18/9/2021). kali ini, kantor Lembaga Bantuan Hukum Yogyakarta (Lbh Yogyakarta) di lempar Bom molotov oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Peristiwa aksi teror bom molotov ini terjadi sekitar antara pukul 01.00 WIB hingga 05.00 WIB.

“Secara kronologis waktu, tadi pagi saya mendapatkan informasi dari salah satu staf LBH Yogyakarta bahwa kantor bagian teras tepatnya di depan terdapat bercak – bercak bekas terbakar. kita mendapatkan informasi sekitar pukul 07.00 WIB atau 7.30 WIB pagi. setelah mendapatkan informasi itu kemudian saya meluncur ke kantor LBH Yogyakarta,” kata Direktur LBH Yogyakarta, Yogi Zul Fadly dalam keterangan persnya yang disiarkan melalui Instagram @lbhyogyakarta, Sabtu (18/9/2021).

“Setelah kami periksa ternyata memang saya melihat ada bekas terbakar mulai dari lantai, tembok, kaca jendela, ventilasi bahkan hingga naik ke atas atap. kalau dibagian dalam sempat habis menyambar ke dalam kantor karena gordennya ada bekas lubang itu sepertinya kena api juga,” terang Yogi.

“Selain bekas terbakar ditemukan serpihan – serpihan kaca yang tampaknya itu adalah pecahan botol sehingga kami memperkirakan bahwa kantor LBH Yogyakarta itu mendapatkan serangan bom molotov oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab dan saya juga belum tahu siapa pelakunya. kemudian apa motifnya,” sambungnya.

Berdasarkan informasi sementara, kata Yogi, kejadian pelemparan itu kemungkinan berlangsung diantara pukul 01.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB karena keterangan dari beberapa warga sekitar mereka masih berada di dekat kantor LBH sampai pukul 01.00 WIB. waktu itu tidak ada hal – hal yang mencurigakan artinya kemudian kalau kami mengetahui tembok itu terbakar pukul 05.00 WIB. maka, kami memperkirakan kemungkinan peristiwanya berlangsung antara pukul 01.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB dini hari.

“Kalau kami boleh menduga serangan ini bisa jadi terkait dengan pembelaan LBH Yogyakarta tentang beberapa kasus struktural yang selama ini kami dampingi dan bela,” katanya.

“Pertama, Kami saat ini banyak melakukan upaya advokasi perdata secara intensif mulai berjalan dengan sangat rutin pendampingan – pendampingan terhadap perkara struktural dan perkara – perkara masyarakat miskin,” ungkap Yogi.

Yogi menjelaskan, Kedua, kami menilai serangan ini adalah teror terhadap pembelaan hak asasi manusia sekaligus juga teror bagi organisasi bantuan hukum yang selama ini kami sudah menjalankan tugas – tugas konstitusional memberikan bantuan hukum kepada masyarakat miskin. kemudian perbuatan pelaku itu bertentangan dengan prinsip – prinsip hukum dan nilai – nilai hak asasi manusia.

“Ketiga, kami mengecam keras serangan ini karena ini adalah kejahatan pidana yang melanggar KUHP,” jelasnya.

“Oleh karena itu kami sudah memutuskan untuk melaporkan peristiwa ini ke pihak yang berwajib dalam hal ini adalah polisi dan tidak menutup kemungkinan kami akan melaporkan kepada pihak – pihak terkait yang memang memberikan perlindungan kepada warga negara,” ujarnya.

“Terakhir yang ingin kami sampaikan kejadian ini sangat penting untuk digaris bawahi, kami sama sekali tidak takut dengan teror ini,” tegasnya.

“Kejadian ini justru menambah berlipat – lipat semangat kami untuk terus maju dan tak pernah berhenti melakukan pembelaan serta memperjuangkan hak – hak dan kepentingan masyarakat miskin korban ketidakadilan dalam kasus – kasus struktural,” tutup Yogi.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Dekan Fisip Unri SH Bungkam Usai Diperiksa selama 10 jam di Mapolda Riau

rasid

Kerusuhan Meledak di Pulau Haruku Maluku, Rumah Terbakar Hingga Polisi Tertembak

rasid

BPH Migas dan Polri Ungkap Penyalahgunaan 1,4 Juta Liter BBM Bersubsidi Sepanjang 2022

rasid