Lebih Dari Sekadar Kata
Aksi teror kepala anjing di rumah Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kasi Penkum Kejati) Riau, Muspidauan terekam CCTV. [Tangkapan layar/Dok Riauonline]

Eks Ketua LAM Pekanbaru Divonis 9 Bulan penjara

KataKata.id – Mantan Ketua Lembaga Adat Melayu Pekanbaru Yose Putra divonis 9 bulan penjara pada Jumat 15 Oktober 2021 lalu.

Yose Putra dinyatakan bersalah dan menjadi dalang teror kepala anjing di rumah salah satu pejabat Kejati Riau.

Dia terbukti bersalah melanggar Pasal 335 ayat (1) KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan.

Pembacaan vonis terhadap eks Ketua LAM Pekanbaru itu dibacakan oleh majelis hakim Tommy Manik di Pengadilan Negeri Pekanbaru.

“Vonisnya sembilan bulan penjara dan dibacakan Jumat petang,” kata Tommy Manik, Rabu (20/10/2021) dikutip dari Riauonline.co.id.

Untuk diketahui, perbuatan Yose Putra itu dilakukan bersama empat orang rekannya yaitu Irwan Purwanto, Didik Wahyudi, Boyri Barma dan Tengku Said Bulian alias Boby.

Mereka melakukan tindakan teror di Jalan Puyuh Nomor 26, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Sukajadi pada 5 Maret 2021 lalu.

Pelaku teror mengakui perbuatannya saat tim gabungan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau dan Satreskrim Polresta Pekanbaru membekuknya.

Motif dari pelaku teror dalam tiga hari berturut-turut terungkap.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan motif mereka melakukan teror yakni tidak terima dengan kepengurusan baru dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) daerah Pekanbaru.

“Dari keterangan pelaku, mereka tidak terima dengan hasil Musyawarah Daerah (Musda) Luar Biasa LAMR pada pemilihan kepengurusan baru,” kata Irjen Pol Agung pada Jumat (12/3/2021).

“Pelaku teror merasa posisi mereka terancam dengan kepengurusan baru yang diketuai oleh Dewan Pimpinan Harian (DPH) Terpilih, Muspidauan,” jelas Agung.

Sebelumnya, kasus pelemparan kepala anjing ke rumah petinggi Kejati Riau, Muspidauan sempat menghebohkan publik di Bumi Lancang Kuning.

Aparat pun sigap mengusut kasus tersebut hingga akhirnya mengamankan para pelaku hingga dalang di balik teror kepala anjing itu.

Sumber: www.riauonline.co.id
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Ini Strategi yang Penting Dilakukan Jajaran Korpolairud Baharkam Polri pada Pengamanan ALKI

rasid

KAHMI Minta Polisi Bongkar Motif dan Otak Pelaku Pengeroyokan Ketum KNPI Haris Pertama

rasid

Pemerintah Menghapus Pasal Pencemaran Nama Baik dan Penghinaan

rasid