Lebih Dari Sekadar Kata
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau Drs H Masrul Kasmy MSi menjadi khatib pada pelaksanaan sholat Idul Adha 1445 H di Mesjid Alfalah Desa Citra Damai Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (17/6/2024). (Dok. istimewa)

Masrul Kasmy Jadi Khatib dan Ikut Sembelih Hewan Qurban 1445 H di Mesjid Al Falah Rangsang

Katakata.id – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau Drs H Masrul Kasmy MSi menjadi khatib pada pelaksanaan sholat Idul Adha 1445 di Mesjid Al Falah Desa Citra Damai Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (17/6/2024). Dia juga turut menyembelih hewan qurban.

Bertindak sebagai imam pada pelaksanaan sholat Idul Adha yakni Ustadz M. Khadis.

Masrul Kasmy dalam khutbahnya menyampaikan ibadah qurban adalah ibadah yang berawal dari sejarah ketika Nabi Ibrahim alaihis salam mendapatkan perintah untuk mengorbankan putranya, Ismail, dengan cara disembelih.

Berbekal keimanan yang tinggi, Nabi Ibrahim pun melaksanakan perintah yang disampaikan Allah melalui sebuah mimpi. Namun, sebelum Nabi Ibrahim menyembelih Ismail, malaikat membawa seekor domba dari surga sebagai ganti untuk disembelih. Perintah ini diabadikan dalam Al-Qur’an surah Ash-Shaffat ayat 102.

Lebih lanjut Masrul menyampaikan ada 5 hikmah yang dapat ditarik dari ibadah qurban.

“Apa hikmah yang ditarik dari ibadah qurban? Pertama, qurban adalah bentuk taqarrub (pendekatan) diri kepada Allah,” kata Masrul.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau Drs H Masrul Kasmy MSi saat menyembelih hewan qurban di Mesjid Al Falah Desa Citra Damai Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (17/6/2024). (Dok. istimewa)

“Kedua, qurban dilakukan dalam rangka bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat hayat (kehidupan) yang diberikan. Ketiga, qurban itu bentuk berbagi dengan keluarga, teman, dan orang miskin,” tambahnya.

“Keempat, qurban itu untuk menguatkan persaudaraan dalam masyarakat muslim dan tolong menolong dengan sesama. Kelima, qurban itu bisa menghapus dosa dan mendapatkan ganjaran yang besar” ujar Wakil Bupati Kepulauan Meranti 2010-2015 ini.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha 1445 H, Masrul Kasmy melaksanakan penyembelihan hewan qurban di Mesjid Al Falah Desa Citra Damai.

Selain menyembelih hewan qurban, beliau juga menyaksikan penyembelihan hewan qurban di Mesjid Ulul Azmi, Mesjid Qomarul Huda Desa Teluk Samak dan di kantor Desa Dwi Tunggal.

Ikut menyaksikan Sekretaris Camat Rangsang Budi Cahyadi, Kepala Desa Teluk Samak Bahrin, Pj Kepala Desa Dwi Tunggal Bambang Irawan.

Editor: Rasid Ahmad || Oleh : Irwan Yuliadi

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

83 Peserta Ikuti Seleksi Beasiswa Yayasan PCR

rasid

PPKM Level 3 Serentak Dibatalkan, Berikut Respons Plt Kadiskes Riau

rasid

Public Expose FOZ Riau, M. Hasbi: Ajak Media Berkolaborasi

rasid