Lebih Dari Sekadar Kata
Ilustrasi salah satu SPBU di Pekanbaru [Foto : dok. DT Peduli Riau]

Stok BBM di beberapa SPBU Pekanbaru kosong, Berikut penjelasan Pertamina

KataKata.id – PT Pertamina (Persero) membantah telah terjadi kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Pekanbaru, Riau. Pertamina memastikan pihaknya telah menyalurkan BBM sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Manager Communication, Relations, & CSR Regional Sumbagut, Taufikurachman Senin (11/10/2021). Ia mengatakan Pertamina sudah lama melayani kebutuhan BBM ke masyarakat di Riau khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya.

“Tidak ada kelangkaan. Kami Pertamina sudah lama melayani kebutuhan BBM ke masyarakat di Riau khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya,” ujar Taufikurachman mengutip cakaplah, Senin (11/10/2021).

Ia mengatakan ada 46 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Pekanbaru untuk melayani kebutuhan BBM Masyarakat Pekanbaru. “Kami menyalurkan BBM sesuai kebutuhan masyarakat Riau. Coba dimonitor ada 46 SPBU di kota Pekanbaru untuk melayani kebutuhan BBM Masyarakat Pekanbaru ya,” sebutnya.

Disinggung apakah ada pengaruh penurunan level PPKM di Kota Pekanbaru terhadap peningkatan penggunaan BBM di masyarakat, Taufikurachman tak menampik hal tersebut.

“Iya memang ada pengaruhnya dengan adanya penurunan level PPKM, sehingga animo masyarakat untuk keluar rumah atau bepergian bertambah. Insya Allah bisa terlayani dengan baik dan lancar,” pungkasnya.

Mengenai BBM jenis Solar, berdasarkan keputusan Kepala Migas Republik Indonesia Nomor 04 /P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 mengenai pengendalian penyaluran jenis BBM tertentu.

Disebutkan, pengaturan pembelian BBM Solar bersubsidi jenis kendaraan pribadi roda empat pembelian maksimal itu 60 liter per hari, angkutan umum orang atau barang roda empat itu 80 liter per hari dan angkutan umum orang atau barang roda enam pembelian maksimal 200 liter per hari.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Pekanbaru mengalami kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM), Senin (11/10/2021).

Pantauan CAKAPLAH.COM di SPBU Jalan Arifin Achmad, semua persediaan BBM kosong. Mulai dari Pertalite, Solar dan BBM lainnya. Stok semuanya kosong. Akibat kondisi tersebut, kendaraan roda 4 nekad mengisi tangki minyaknya dengan BBM eceran yang berada tak jauh dari lokasi SPBU.

Kepada CAKAPLAH.COM, salah seorang petugas yang berada di SPBU tersebut mengatakan untuk hari ini stok BBM memang sudah tidak adalagi.

“Kosong, tidak ada BBM. Kosong semua,” ujar salah seorang petugas yang berada di lokasi.

Ia mengatakan untuk stok BBM kemungkinan kembali ada pada esok hari. “Besok baru datang kayaknya. Penyebabnya ya karena BBM nya belum datang,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Irma salah seorang pengendara roda 4 yang datang untuk mengisi BBM harus kecewa karena kekosongan BBM tersebut.

“Gawat kalau kosong kayak gini. Tadi saya lihat ada video-video yang mengatakan BBM solar langka, nah ini ternyata malah semuanya kosong,” ucapnya.

Dirinya berharap kondisi seperti ini tidak berlangsung lama. Karena jika sampai lama, masyarakat akan kesusahan.

“Kemarin-kemarin itu bensin yang premium langka dan ngantri. Sekarang jangankan premium, bahkan Pertalite dan semuanya malah kosong ini. Ampun kita,” pungkasnya.

Sumber : cakaplah.com
Editor : Rasid Ahmad
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Pengaturan Subsidi BBM Tepat Sasaran Masih Dibahas

rasid

Jikalahari: Nama-Nama yang Untung Membeli Sawit dan Lepas dari Jeratan Hukum

rasid

Gelar Rakerda, Pengurus Empat Lembaga Profesional Hipmi Riau Dilantik

rasid