Lebih Dari Sekadar Kata
Saat Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H Maming dan Asisten III Setdaprov Riau Syahrial Abdi secara serentak menekan tombol di layar LED sebagai tanda Musda resmi dibuka. [Foto : Tangkapan Layar Youtube Live Event Musda XII Hipmi Riau]

Pembukaan Musda Hipmi Riau, Ketum berharap tidak terjadi perselisihan internal

KaKata.id – Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Riau XII resmi dilaksanakan pada Sabtu (25/9/2021) di hotel Premiere Pekanbaru, Riau.

Rangkaian Musda ini diawali dengan pembukaan seremoni.

“Hari ini adalah pestanya para BPC. Musdalub Riau ke ke-12 ini luar biasa ada dua kandidat yang maju (Rahmat Illahi dan Erwin) tadi diperkenalkan sama careteker Armen. kita sudah mengevaluasi tadi malam kita minta tadi ruang setengah kamar kalau bisa lakukanlah musyarawarah bersama cari mana yang terbaik sebelum bertanding,” kata Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H Maming melalui Youtube Live Zoom Event Musda XII Hipmi Riau, Sabtu (25/9/2021).

“Apabila bisa maka kita lakukan aklamasi tetapi aklamasinya bukan aklamasi otoriter tapi aklamasinya, aklamasi musyawarah yang mana kita menyatukan kekuatan dari kubu A dan kubu B sehingga kita menjadi satu tanpa mengurus perselisihan di antara internal kita sendiri,” terangnya.

“Karena dengan menghadapi Covid-19 ini bukan waktunya lagi kita bersaing sesama saudara kita tapi persaingan kita bukan di Indonesia tapi persaingan kita banyaknya investor – investor asing yang masuk ke Indonesia yang kita harus turut serta mengambil kesempatan itu,” sambung Mardani.

Mardani menjelaskan, pada masa dirinya sebagai ketua BPP Hipmi, dia merancang dengan ketua OKK dan menyampaikan kepada menteri BPKM. Alhamdulillah menteri BPKM mengeluarkan Permen bahwa pengurus Hipmi BPC maupun BPD itu menjadi tim penilai investasi disetiap daerah kalau tidak salah nilainya itu 15 poin.

“Apabila nilai itu tidak diberikan oleh Ketua BPC dan Ketua BPD maka, kepala daerahnya tidak mendapatkan dana DAK kalau tidak salah sebesar 20 – 25 Miliar. ini dapat ilmunya karena pernah jadi Bupati dan sekarang jadi ketua Hipmi,” jelasnya.

“Tetapi satu pesan saya jangan juga setelah ada diberikan kewenangan seperti ini, kawan – kawan BPC semau – maunya untuk melaksanakan. buktikanlah kepada kepala daerah, ini menjadi jalan bahwa kita membuktikan bahwa anak daerah atau pengurus di Kabupaten bisa melaksanakan pekerjaan – pekerjaan yang bisa dilaksanakan dengan baik dan dipertanggungjawabkan,” pesannya.

“Jangan dijadikan kesempatan untuk mengintervensi para kepala daerah,” tutup Mardani.

“Penyelenggaraan acara ini kita harapkan tetap menjaga protokol kesehatan. dengan dilaksanakannya Musda Hipmi Riau semoga kegiatan ini berjalan sukses dan lancer,” kata Asisten II Setdaprov Riau Syahrial Abdi mewakili Gubernur Riau H Syamsuar dalam pembukaan Musda XII Hipmi Riau.

“Musda Hipmi Riau ini memiliki nilai yang sangat penting dan strategis bagi jajaran pengurus dan anggota BPD Hipmi provinsi Riau. dimana Musda ini akan memilih jajaran pengurus Hipmi masa bakti 2021-2024 oleh karena itu Musda ini pun telah sejalan dengan AD/ART Hipmi dengan membentuk kepengurusan baru dalam Musda pada hari ini,” ungkap Syahrial Abdi.

“Kita ketahui Hipmi sebagai salah satu organisasi profesi tempat berhimpunnya para pengusaha muda tentu harus dapat merespon dengan baik tuntutan dan tantangan yang muncul dari era global saat ini. salah satu yang diperlukan oleh pengusaha dalam menjawab tuntutan ini adalah dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang profesional memiliki keunggulan dengan sikap dan tanggung jawab tinggi,” paparnya.

Menurutnya, Hipmi juga harus mampu melakukan alih teknologi menggunakan manajemen yang baik di dalam mengelola usaha bisnis serta memiliki visi dan misi yang jauh ke depan dan mampu bersikap dan berpikir secara mandiri.

“Hipmi juga tentunya dapat bersinergi dengan pemerintah untuk mengembangkan kreativitas dan sinergitas meningkatkan perekonomian di Riau,” ujar Syahrial Abdi.

Mengenai menilai Investasi dikatakan Syahrial, Apa yang disampaikan pak ketua tadi kami pastikan peraturan Menteri Investasi terkait dengan keterlibatan Hipmi di dalam hal menilai investasi InsyaAllah dalam minggu ini surat Gubernur Riau kepada Bupati atau Walikota akan kita teruskan.

“Ini bagian untuk memastikan kolaborasi tersebut,” tutupnya.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Siap-siap! Pemerintah Naikkan Cukai Rokok, Tahun Depan Harga Bisa Menembus Rp40.000

rasid

SKK Migas sampaikan capaian Lifting Semester I

admin

Posko Nasional ESDM Resmi Ditutup, Konsumsi BBM Jenis Pertalite Selama Periode Arus Mudik Mencapai 46 persen

rasid