Lebih Dari Sekadar Kata
Ilustrasi kantor Badan Pusat Statistik Pekanbaru ( Foto : Internet )

BPS Sebut Ekonomi Riau Tumbuh 4 persen Pada Kuartal III

Katakata.id – Pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatera triwulan IlI-2021, secara agregat tumbuh sebesar 3,78 persen.

“Triwulan ketiga ini, perekonomian seluruh provinsi di Sumatra mengalami pertumbuhan. Kepulauan Bangka Belitung merupakan provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi sebesar 6,11 persen, sedangkan Provinsi Bengkulu mengalami pertumbuhan ekonomi terendah sebesar 2,47 persen,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Misfaruddin di Pekanbaru, Minggu (7/11/2021).

Jida ditinjau berdasarkan kontribusi PDRB dari tiap provinsi regional Sumatera, tercatat Sumatera Utara dan Riau memiliki kontribusi tertinggi.

“Sumut berkontribusi sebesar 23,21 persen dan Riau berkontribusi 23,00 persen. Sedangkan Provinsi Bengkulu merupakan provinsi dengan kontribusi terendah terhadap perekonomian Sumatra yaitu sebesar 2,11 persen,” jelasnya.

Untuk diketahui, pertumbuhan ekonomi Riau triwulan III-2021 terhadap triwulan III-2020 (y-on-y) mengalami pertumbuhan sebesar 4,10 persen.

Pertumbuhan terjadi pada sebagian besar lapangan usaha. Lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan signifikan adalah Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 16,06 persen dan Perdagangan Bear dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 10,09 persen.

Sementara itu, Industri Pengolahan dan Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan yang memiliki peran dominan juga mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 3,39 persen dan 5.70 persen.

Sumber : Mediacenter Riau
Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

Yuk Jadi Investor Saham

rasid

Dua Tahun Tutup, Kapal Penumpang Dumai-Melaka Kembali Beroperasi

rasid

Didominasi Generasi Muda, Investor Pasar Modal Indonesia Lampaui 9 Juta

rasid