Lebih Dari Sekadar Kata
Media Gathering bersama Bursa Efek Indonesia Cabang Riau ( Foto : Istimewa )

BEI Riau beberkan situasi perkembangan pasar modal

KataKata.id – Bursa Efek Indonesia cabang Riau sampaikan situasi perkembangan market atau pasar modal secara nasional dan daerah serta menguraikan pertumbuhan investor yang terjadi per Juli 2021.

“Pertumbuhan investor saham antara Januari hingga Juni 2021 itu sekitar 75,1 persen. jumlah investor per 31 Desember 2020 lalu itu sekitar 1,44 juta orang. pertumbuhan didominasi oleh kalangan anak muda milineal di bawah usia 30 tahun dengan pertumbuhan per Juni sekitar 54,9 persen,” kata Kepala Cabang BEI Riau, Emon Sulaiman, Selasa (31/8/2021) melalui virtual zoom meeting Media Ghatering.

Bursa Efek Indonesia juga menyampaikan distribusi jumlah investor.

“Per Juli 2021 distribusi jumlah investor mengalami pertumbuhan cukup signifikan sebesar 17 persen jika di rata – ratakan dari sebaran investor secara nasional,” terang Emon.

Sementara kegiatan kantor BEI perwakilan Riau, Emon mengatakan kegiatan literasi investasi pasar modal kita per Juli 2021 itu mencapai 16 persen. artinya tingkat literasi pada masyarakat kita masih rendah soal investasi ini. literasi yang kita lakukan ini juga sudah masuk ke kurikulum sekolah. guru – guru itu bahkan sudah membuat silabus artinya akselerasi pemahaman tentang dunia investasi dan saham itu sudah mulai diterapkan di sekolah. terutama sekolah menengah atas. tingkat perguruan tinggi mengenai literasi ini sudah masuk dalam galeri investasi digital. Perguruan tinggi seperti UIN Susqa itu sudah menerapkan itu.

“Kegiatan inklusi itu sudah mencapai 31 persen dan aktivasi sudah mencapai 53 persen,” katanya.

“Kegiatan KP Riau per Juni 2021 dari 17 jenis kegiatan itu pencapaiannya sudah mencapai 100 persen dari target kita itu kan 250 tercapai 251 jumlah kegiatan.

Emon juga menyampaikan Pertumbuhan Investor Riau per Juli 2021.

“Pertumbuhan per Juli itu sekitar 158,9 persen. target investornya 17.130. total pertumbuhan transaksi di Riau per Juli 2021 itu sebesar 25.798 dengan rata – rata transaksi 3.685. Riau itu berada di posisi 10 secara nasional mengenai jumlah pertumbuhan transaksi,” urainya.

Hal lain yang menarik yaitu terjadi pada kalangan investor Milenial.

“Berdasarkan peta investor jika dilihat dari segi usia, pertumbuhan investor tertinggi terjadi pada investor Milenial (usia di bawah 30 tahun) sebesar 13.622 investor dan pertumbuhan tertinggi terjadi pada rentang usia 18 hingga 25 tahun sebesar 9.277 Investor. artinya Investor Milenial itu tumbuh sebesar 73 persen. kita sangat mengapresiasi itu,” tutup Emon.

Reporter : Rasid Ahmad

Print Friendly, PDF & Email

KataTerkait

BPH Migas Akan Terapkan Pembatasan Pembelian BBM Subsidi

rasid

Akhir Februari Jasa Pengiriman Paket JET Express Berhenti Beroperasi

rasid

OJK Bersama BI Gelar Bulan Inklusi Keuangan Riau Expo 2022

rasid